Kuliah Tamu Jurusan Hubungan Internasional dengan tema Big Data and Network Analysis in Social Research and International Relations

Jurusan Hubungan Internasional melaksanakan Kuliah Tamu dengan narasumber Dr. Mahmud Syaltout, S. H., D. E. A. pada Kamis, 6 Desember 2018 di ruang D 3.1 FISIP Universitas Lampung.  Acara ini dibuka oleh Dekan FISIP Universitas Lampung, yang diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Drs. Susetyo, M. Si.. Beliau menyampaikan bahwa topik yang dibahas pada hari ini merupakan topic yang paling tepat untuk dibahas oleh para mahasiswa Hubungan Internasional.

Dalam penyampaiannya, Dr. Mahmud mengawali dengan memberikan penjelasan tentang Big Data. Beliau menyampaikan, “Kita itu data. Itu bisa diliat dari search dan itu dicoding dan dibuat proyeksi oleh Google.”. Hal tersebut menegaskan bahwa ketersediaan data yang ada pada saat ini begitu besar, interkoneksi antar alat elektronik juga mampu menyediakan data. Hal itu juga bisa saja memungkinkan data diakses oleh orang lain (publik). Korelasinya dengan perkembangan keilmuan/teori dalam ilmu sosial, “(Pada) era Morghentau, rich theory tapi poor data, saat ini rich data tapi poor theory.”. Tantangan bagi para scholar ilmu sosial.

Kompleksitasi itu logic-nya network.”, tegas beliau.  Beliau mengilustrasikan bagaimana suatu kejadian/konsep bisa berhubungan dengan banyak hal lainnya, dan juga memiliki pengaruh terhadap kejadian/konsep tersebut.

Kuliah tamu ini dihadiri oleh 90 orang terdiri dari mahasiswa Hubungan Internasional, 15 dosen Hubungan Internasional, 14 orang dosen FISIP, dan 3 orang dosen Hukum Internasional-Fakultas Hukum. Besar harapan kepada para mahasiswa agar mendapatkan pengetahuan dan dapat mengaplikasikannya pada penelitian di masa datang.