Menghadapi Revolusi Industri 4.0, Jurusan Ilmu Komunikasi Mengadakan Workshop Hybrid Learning

Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unila – Bandar Lampung, Selasa-Rabu (2-3/09) Jurusan Ilmu Komunikasi mengadakan workshop E-learning untuk semua dosen Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Lampung. Acara ini dilaksanakan di Nuwono Tasya, Jalan Perwira No. 9, Rajabasa, Kota Bandar Lampung.

Acara yang berlangsung selama 2 hari ini dibuka oleh Dr. Syarief Makhya, M.Si selaku Dekan FISIP Universitas Lampung dan Dhanik Sulistyarini Mcomn&MediaSt selaku Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Lampung. Di hari pertama, workshop ini berlangsung sejak pukul 9 pagi sampai pukul 4 sore dan diikuti oleh 23 dosen Jurusan Ilmu Komunikasi, sedangkan pada hari kedua, acara ini dilaksanakan sejak pukul 9 pagi hingga pukul 1 siang dan diikuti oleh 27 dosen Jurusan Ilmu Komunikasi.

Acara yang bertemakan “Active Learning & E-Learning Menuju Pembelajaran Hybrid Learning” ini bertujuan untuk memperkenalkan E-Learning dalam kehidupan belajar mengajar di kampus. Workshop ini ditutori oleh Dr. Sunyono dan Rangga Firdaus, S.Kom.,M.Kom.

Metode pembelajaran E-Learning ini dibutuhkan dalam kegiatan pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Seluruh tutor mengatakan dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 kita harus mampu memanfaatkan teknologi sebagai fasilitas pembelajaran, khususnya teknologi digital.  Menurut Rangga Firdaus,S.Kom., M.Kom, “dalam revolusi industri 4.0 para dosen harus bisa membagikan seluruh ilmu dan informasinya secara global, tidak hanya di dalam kelas saja”. Sedangan menurut Dr. Sunyono, “sumber informasi kita saat ini sudah banyak. Dari internet kita bisa dapat materi pembelajaran, video dari youtube, blog dari google dan media sosial”.

Harapannya, dengan adanya workshop ini, semua dosen Jurusan Ilmu Komunikasi dapat mengetahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan saat hendak memulai penggunaan metode ini. (fina)