Peresmian Fasilitas Pendidikan Baru di Kampus FISIP oleh Rektor Universitas Lampung

Pada hari Rabu, 9 Januari 2019, rektor Universitas Lampung Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, M.P. beserta jajaran pimpinan Universitas Lampung, hadir dalam acara peresmian fasilitas pendidikan baru di kampus FISIP Universitas Lampung. Adapun fasilitas pendidikan baru di kampus FISIP itu yakni gedung dekanat (gedung A. Kantan Abdullah), ruang pertemuan gedung A  (smart room), dan mimbar mahasiswa FISIP. Acara peresmian dilaksanakan di gedung baru yakni gedung A. Kantan Abdullah. Acara berlangsung dalam dua sesi. Sesi pertama yakni temu wicara dan diskusi antara rektor dan wakil rektor II, Prof. Dr. Ir. Muhamad Kamal, M.Sc., dengan jajaran pimpinan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik yang dilaksanakan di Aula Gedung A. Kantan Abdullah lantai 3. Selanjutnya, sesi kedua yakni acara seremonial peresmian gedung baru bersama-sama seluruh sivitas akademik kampus FISIP yang dilaksanakan di ruang serbaguna lantai 4.

 

Tepat pukul 09.00 WIB, rektor beserta wakil rektor II diterima oleh tuan rumah yakni Dekan FISIP Universitas Lampung, Dr. Syarief Makhya, beserta jajaran pimpinan FISIP untuk melaksanakan temu wicara dan diskusi tentang tahap pembangunan Universitas Lampung. Rektor menyampaikan apresiasinya atas pembangunan gedung A Kantan Abdullah yang proses pembangunannya telah dimulai sejak tahun 2011 dan sempat tertunda selama 7 tahun. Pembangunan gedung A. Kantan Abdullah yang menghabiskan dana kurang lebih 3,5 miliar rampung pada bulan Desember 2019.

 

Rektor juga menyampaikan bahwa dalam tahapan ketika universitas telah memasuki kategori research university, salah satu agenda pokok dari universitas adalah melakukan pembangunan di bidang sumber daya manusia. Dua hal diantaranya yakni dengan mendorong staf pengajar Universitas Lampung untuk melanjutkan studi doktoral di luar Universitas Lampung. Komitmen ini dibuktikan dengan disediakannya alokasi dana bantuan bagi staf pengajar yang melanjutkan studi doktoral. Selanjutnya, rektor juga menyampaikan prioritasnya untuk mengangkat dosen kontrak menjadi (pegawai) dosen BLU yang akan dimulai pada tahun 2019. Beliau menyampaikan bahwa dari segi anggaran, Universitas Lampung sudah mampu untuk membiayai dosen BLU.

 

Dalam diskusi bersama rektor dan wakil rektor II, salah satu hal yang turut didiskusikan bersama hadirin para petinggi FISIP yakni kebijakan baru terkait aturan parkir dan presensi untuk staf pengajar maupun tenaga kependidikan. Wakil rektor II menyampaikan bahwa kebijakan presensi dua kali dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan inspektorat tentang ukuran jam kerja yang digunakan dalam menentukan pengeluaran bagi staf pengajar dan tenaga kependidikan. Presensi dua kali sehari dimaksudkan sebagai cara untuk menyediakan ukuran jam kerja.

 

Sehubungan bahwa staf pengajar sebagai pengemban tri darma perguruan tinggi tidak selalu melaksanakan amanat tri darma di tempat kerja, maka diberikan keleluasaan untuk melakukan presensi dua kali hanya ketika bertugas di kampus. Manakala terdapat tugas penelitian atau pengabdian, staf pengajar diberi keleluasaan untuk bepergian dengan ketentuan untuk mengkomunikasikan keperluan/kegiatannya kepada ketua jurusan melalui sarana komunikasi yang tersedia. Dengan begitu kepergian dari tempat kerja tetap direkam sebagai bagian dari kegiatan tri darma. Wakil rektor mengemukakan pula perlunya kreativitas bagi jurusan untuk membuat mekanisme pencatatan rekam jejak/pelaporan berkenaan dengan hal tersebut.

 

Peresmian tiga fasilitas pendidikan baru FISIP ini turut dihadiri oleh Prof. Sujarwo dari FKIP serta istri dan anak dari alm. A. Kantan Abdullah, salah satu tokoh yang memprakarsai pendirian Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Lampung, yang namanya diabadikan sebagai nama gedung dekanat yang baru. Selain gedung dekanat, pada tahun 2018, FISIP juga telah merampungkan pembangunan ruang pertemuan gedung A atau smart room. Ruangan ini ditujukan sebagai kelas berbasis online yang dapat digunakan untuk kelas mata kuliah umum dan bisa terhubung secara online/parallel dengan kelas-kelas di luar Universitas Lampung. Sedangkan pembangunan mimbar mahasiswa FISIP ditujukan sebagai tempat bagi diskusi, ruang belajar, sekaligus tempat bersantai dan pentas seni mahasiswa. Dekan FISIP juga menyampaikan bahwa pada tahun 2019, FISIP berencana untuk membangun student center dan kafetaria.

 

Akhir kata, sebagaimana disampaikan rektor, pembangunan fasilitas pendidikan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas dan core business dari Universitas Lampung, yang diiringi upaya peningkatan sumber daya manusia. Acara peresmian ditutup dengan makan-makan bersama seluruh sivitas akademik FISIP dan rektorat.