PERTEMUAN SELA NASIONAL MAHASISWA HI SE-INDONESIA (PSNMHII) KE – 30

PERTEMUAN SELA NASIONAL MAHASISWA HUBUNGAN INTERNASIONAL

 SE-INDONESIA (PSNMHII) KE – 30 UNIVERSITAS LAMPUNG

“Think Globally, Act Locally: The New Challenges of Digitalization Era”

Bandarlampung, 2- 6 Mei 2018

 

Himpunan  mahasiswa  Jurusan  Hubungan  Internasional  (HMJHI) FISIP Universitas Lampung  menjadi  tuan  rumah  Pertemuan Sela Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia (PSNMHII) ke-30. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang setiap tahun diadakan oleh Forum Komunikasi Mahasiswa Hubungan Internasional Indonesia (FKMHII). FKMHII beranggotakan  lebih  dari 60  universitas se-Indonesia.  PSNMHII akan berlangsung pada tanggal 2 – 6 Mei 2018 di  Provinsi  Lampung, dengan mengusung tema Think Globally, Act Locally: The New Challenges of Digitalization Era. Rangkaian kegiatan PSNMHII ke-30 ini akan diikuti oleh 49 universitas dari seluruh Indonesia dengan total peserta sebanyak 265 orang.

Tujuan yang ingin dicapai dengan diselenggarakannya acara ini adalah mengembangkan sikap keilmuan serta pemahaman terhadap studi hubungan internasional dan dinamikanya;  memfasilitasi transfer pengetahuan antara peserta kegiatan dan civitas akademika Universitas Lampung; mendorong pengembangan pengetahuan ilmu hubungan internasional di Indonesia pada era digitalisasi; memberikan pemikiran baru mahasiswa studi hubungan internasional terhadap persoalan yang ditimbulkan akibat adanya fenomena globalisasi dan digitalisasi; serta memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia dalam era globalisasi & digitalisasi.

Acara  ini  akan dibuka pada hari Rabu malam, tanggal 2 Mei 2018, pada pukul 19.30-21.00 WIB di Gedung Balai Keratun, Provinsi Lampung.  Acara akan dibuka oleh  PJS. Gubernur  Lampung, Dr. Didik  Suprayitno,  M.M.,  yang  didampingi oleh Rektor  Universitas  Lampung,  Prof. Dr. Ir.  Hasriadi  Mat Akin, M. P., Dekan FISIP Universitas  Lampung,  Dr. Syarief  Makhya,  dan  Ketua  Jurusan  Hubungan  Internansional  FISIP, Drs. Aman Toto Dwijono, M.H.

Berikut ini merupakan rangkaian acara dalam pelaksanaan PSNMHII XXX:

  1. Seminar nasional yang akan diselenggarakan di Balai Keratun, pada tanggal 3 Mei 2018 dengan mengusung tema Think Globally, Act Locally: The New Challanges  of  Digitalization Era. Seminar akan menghadirkan 4 narasumber, yaitu Prof. Dr. Tulus Warsito (Guru Besar Hubungan  Internasional  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta), Andrew W. Mantong (Peneliti Centre  for  Strategic and International Studies (CSIS)), Elkana  Arlen Riswan (Pemilik El’s Coffee), dan pejabat dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Komenko PMK RI).
  2. Diskusi Ilmiah dengan 3 tema: Sustaining Economic Growth in The New Digitalization Era: Challenges, Opportunities, International Security in The New Digitalization Era Challenges and  Solutions, dan  The  Challenges  Local  Wisdom  in  the  New Digitalization Era.
  3. Social Venture  dengan  tema  Digital  Bussines  Plan  for Sustainable Social Impact.
  4. Pelatihan Pelatihan akan diadakan di Balai Keratun, pada Kamis, 3 Mei 2018.
  5. Pentas Seni  Budaya  Aksi Nyata Gerakan Nasional Revolusi Mental Sakai Sambaiyan: Pemuda Anti Hoax, bertempat di Taman Gajah, pada Jumat, 4 Mei 2018.
  6. Kunjungan wisata dan kegiatan Bina Lingkungan berupa penanaman mangrove bersama 15 duta besar di Kalianda, Lampung Selatan. Kegiatan akan dilaksanakan pada tanggal 5 Mei 2018.

 

Acara ini didukung oleh Universitas Lampung, Komenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Pemerintah Provinsi Lampung, Pemerintah Kota Bandarlampung,  Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, DPRD Lampung, PT. Wongsol, Sriwijaya Air, Telkomsel, Creative Inside, Grafi Organizer, Lampung Trans Utama, Bank Lampung, Bank Rakyat Indonesia, Aston Hotel, serta sponsor lainnya.

 

Dekan FISIP Universitas Lampung                              : Dr. Syarief Makhya

Ketua Jurusan Hubungan Internasional                     : Drs. Aman Toto Dwijono, M.H.

Ketua Himpunan Mahasiwa Jurusan HI (HMJHI)  : M. Firly Ramadhan

Ketua Pelaksana PSNMHII ke-30                                 : Saka Fatihan Djayataruna