LOKAKARYA “SISTEM PEMBELAJARAN LURING-DARING SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN ERA REVOLUSI PENDIDIKAN 4.0

Bandar Lampung – Rabu, (16/10/2019) FISIP Unila mengadakan Lokakarya Sistem Pembelajaran Luring-Daring sebagai Model Pembelajaran Era Revolusi Pendidikan 4.0. Lokakarya ini mengundang Narasumber Rangga Firdaus dari FMIPA Universitas Lampung dan Meizano AM dari FT Universitas Lampung.

Lokakarya yang dihadiri oleh para Dosen CPNS, Dosen Tetap Non PNS, dan Pembina Dosen FISIP Universitas Lampung berlangsung di Gedung A, Ruang Pertemuan FISIP Unila. Kegiatan ini menitikberatkan pada metode pembelajaran menggunakan Virtual Class Universitas Lampung ini dibuka oleh Drs. Ikram, M.Si. selaku Ketua Jurusan Sosiologi. Dalam kesempatannya Drs. Ikram, M.Si. menyampaikan “kegiatan inisebenarnya adalah respons dari pada kitasemua untuk menentukan apakah di tahun depan FISIP kedepannya punya aplikasi sendiri terkait dengan Virtual Class atau masih tetap menggunakan VCLASS UNILA”.

Dalam sesi pertama kegiatan lokakarya ini, Meizano AM selaku Narasumber menyampaikan “Efektivitas penggunaan Virtual Class ini sangat terasa sekali, terutama dari segi pengerjaan soal. Kalau biasanya kita mengerjakan ujian berbasis kertas bisa 1-2 jam, melalui Virtual Class ini selesai paling lama hanya dalam waktu 30 menit. Ini juga bias menjadi jaminan bahwa mahasiswa itu mengerjakan dengan sungguh-sungguh dan tentu saja mengerjakan sendiri karena sifat soalnya yang sekuensial”. Selanjutnya dalam sesi kedua Riangga Firdaus menyampaikan “E-Learning selain bias digunakan untuk inovasi pembelajaran, juga ternyata ada hal-hal yang bias kitaketahui seperti bahan ajar kita bias digunakan oleh seluruh kampus di Indonesia secara daring, dan itu dibayar, karena kita yang membuat dan mengajarkan”.

Wakil Dekan I FISIP Drs. Susetyo, M.Si. menyatakan akan membuka forum diskusi dengan pimpinan Fakultas agar Tenaga Pendidik FISIP Unila dapat berkarya dan mendapatkan penghasilan tambahan dengan apa yang diperbuat di pembelajaran Daring.