Dekan FISIP Unila Tandatangani Kerja Sama Dengan IFTA

Dekan FISIP Universitas Lampung (Unila), Dra. Ida Nurhaida, M.Si., melakukan penandatanganan kerjasama dengan IFTA (Indonesia Fighter Tourism Association) yang diwakili oleh Hendra Perdana sebagai Ketua IFTA. Kegiatan ini dilakukan pada Kamis (28/7/2022), yang berlokasi di Gedung Smart Room FISIP Universitas Lampung.

Selain itu, penandatanganan kerja sama juga dilakukan antara IFTA dengan Jurusan Hubungan Internasional (HI) yang diwakilkan oleh Ketua Jurusan HI, Dr. Ari Darmastuti. Kerja sama ini didasarkan pada keinginan untuk mengembangkan kajian pariwisata daerah khususnya di Provinsi Lampung.

IFTA merupakan asosiasi yang bergerak dibidang pariwisata dan berfokus pada pengembangan wisata daerah. Kerja sama antara FISIP Unila dan IFTA diharapkan dapat mendorong peningkatan kajian pariwisata di berbagai bidang. Dekan FISIP Unila menyampaikan bahwa kerja sama ini juga dapat menjadi perwujudan implementasi MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka).

Nantinya, mahasiswa akan dapat melaksanakan kegiatan belajar di luar kampus bersama dengan IFTA. Sekaligus merasakan praktik secara langsung untuk memahami pengaplikasian teori dan konsep, analisis penelitian, serta pendekatan langsung dengan masyarakat dan lingkungan. Secara teknis, terdapat empat bidang yang menjadi ruang lingkup kerja sama yaitu pengelolaan dan pengembangan sumber daya manusia, pertukaran data dan informasi, program MBKM, serta Tridarma Perguruan Tinggi.

Berdasarkan penuturan Hendra Perdana, nantinya akan ada laboratorium desa wisata yang akan menjadi desa binaan IFTA dan FISIP Unila. Hal tersebut disambut baik oleh Dra. Ida Nurhaida, M.Si, Dekan FISIP Unila. Kata beliau, laboratorium tersebut akan menjadi tempat akademisi baik dosen maupun mahasiswa FISIP Unila melakukan kegiatan belajar, penelitian, maupun pengabdian kepada masyarakat.

Senada dengan Dekan FISIP Unila, Ketua Jurusan HI, Dr. Ari Darmastuti, juga menyambut baik inisiatif tersebut. Pihaknya juga akan memberikan arahan kepada dosen Hubungan Internasional FISIP Unila untuk melakukan program pengembangan desa wisata bersama dengan IFTA.